financial planerDi benak banyak orang ketika mendengar sebuah kalimat “polis asuransi jiwa” , maka yang tergambar adalah “nanti kalau meninggal dapat uang duka”

Nah ternyata ada peran fungsi asuransi jiwa yang belum banyak orang tahu.

Berikut akan saya share tulisan dari Bp Hawari N Tandjaya :

Kepada para klien prioritas yang berbahagia.

Saya akan share 11 Pos Finansial,

Disini Peran Polis Asuransi akan mengisi 11 Pos Finansial tersebut.

POS 1 : Pos Proteksi Penghasilan

Setelah kepala keluarga tiada maka keran income stop dan tidak ada lagi uang penghasilan yang tersedia untuk menunjang kehidupan keluarga. Manfaat Asuransi Jiwa bertujuan sebagai Income Replacement yang dapat menjadi satu satunya sumber pemasukan bagi pos penghasilan dan dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan kualitas hidup keluarga yang ditinggalkannya.

POS 2 : Pos Hutang Dan Janji

Saat Kepala keluarga tiada maka hutang dan janji jangka pendek / menengah / panjang menjadi hutang dan janji yang jatuh tempo. Keluarga harus menghadapi para penagih namun tidak mempunyai kemampuan membayar karena uang di bank tidak bisa langsung diakses dan memerlukan waktu lama untuk mencairkannya. Manfaat Asuransi Jiwa dapat menjadi sumber dana untuk membayar hutang dan janji serta sekaligus menjaga reputasi nama baik keluarga.

POS 3 : Pos Dana Pendidikan Anak

Harapan dan masa depan anak tergantung pada kualitas pendidikan anak. Namun harapan dan masa depan bisa pupus apabila dalam rekening tidak tersedia dana yang memadai untuk meraih pendidikan yang didambakan . Manfaat Polis asuransi jiwa bisa mengisi pos dana pendidikan anak sehingga mereka mengecap pendidikan yang dapat menjamin masa depan mereka.

POS 4: Pos Dana Pensiun

Umur  bertambah namun  produktifitas akan menurun. Saat muda seseorang akan bekerja 5 Hari seminggu dan istirahat 2 hari seminggu .Di saat pensiun bisa jadi seseorang tidak menghasilkan uang selama 7 hari seminggu. Disarankan setiap orang menyisihkan penghasilannya disaat produktif untuk digunakan nanti pada saat pensiun. Saat kepala keluarga telah tiada maka manfaat Polis asuransi bisa digunakan untuk mengisi Pos Dana Pensiun sehingga kualitas hidup pasangan dan anak anak di masa pensiun terjaga.

 POS 5 : Pos Dana Darurat

Dana Darurat adalah sejumlah uang ( besarnya 6 bulan pengeluaran bulanan) yang wajib tersimpan di bank. Namun apa daya di saat dalam keadaan darurat ternyata dana tersebut sulit di cairkan karena pemilik dana telah tiada. Manfaat Polis asuransi jiwa bisa digunakan untuk mengganti dana darurat di bank

POS 6 : Pos Persamaan Warisan

Sumber pertengkaran biasanya bersumber dari sengketa harta waris. Sangat sulit menyamakan nilai harta yang dibagi terutama bila harta tersebut dalam bentuk properti. Manfaat Polis asuransi jiwa bisa menjadi sumber dana untuk menyeimbangkan dan menyamakan berapa yang diterima oleh ahli waris.

POS 7 : Pos Dana Transisi

Dana transisi diperlukan untuk mendanai biaya duka dan memenuhi kebutuhan hidup keluarga untuk sementara waktu sampai keluarga menemukan jalan keluar atau terbiasa dengan kehidupan tanpa kehadiran kepala keluarga. Manfaat Polis Asuransi Jiwa bisa digunakan untuk mengisi dana transisi tersebut.

POS 8 : Pos Proteksi Harta

Salah satu tujuan perencanaan harta peninggalan adalah memastikan yang diwarisi adalah surplus. Ada resiko seseorang menderita sakit berkepanjangan sebelum akhir hayatnya. Biaya yang mahal bisa mengancam terkuras habis hartanya karena harus dijual. Manfaat Polis Asuransi jiwa bisa digunakan sebagai pengganti biaya pengobatan dan perawatan.

POS 9 : Pos Biaya Harta Peninggalan

Proses pencarian dan pencairan harta waris akan memakan waktu dan biaya yang sulit diperkirakan jumlahnya jika seseorang meninggal dunia tanpa ada waris, maka manfaat Polis Asuransi Jiwa menjadi sumber untuk membayar biaya biaya terkait harta peninggalan.

POS 10 : Pos Pajak Harta Peninggalan

Dalam harta peninggalan berbentuk properti, maka akan ada biaya berupa Bea Perolehan Hak atas tanah dan bangunan yang menjadi syarat utama untuk proses balik nama dari pemilik yang telah tiada menjadi milik keluarga atau siapapun yang berhak. Manfaat  Polis  asuransi bisa menjadi sumber pendanaan untuk keperluan ini.

POS 11 : Pos Pendanaan Khusus

Dalam satu keluarga ada anak yang telah memiliki harta banyak dan ada anak yang tidak memiliki apapun. Manfaat  Polis  asuransi bisa menjadi sumber pendanaan untuk keperluan ini.

Manfaat Polis Asuransi Jiwa adalah bebas pajak, bebas biaya pengurusan dan hebatnya dibayarkan langsung kepada penerima manfaat di polis kita.

Polis Asuransi memiliki kelebihan luar biasa yaitu Pasti Surplus, mudah dibagikan ke ahli waris dan sangat likuid.

Semoga artikel ini bisa menambah ide dan rekomendasi perencanaan keuangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *